Masing-masing orang memiliki hidupnya sendiri. Masing-masing orang itu pula memiliki tujuan hidupnya sendiri. Berbagai macam cara dicari untuk menggugah kepercayaan diri meraih tujuan dan cita-cita hidupnya.

Tak jarang, orang selalu melihat beberapa sosok dengan pepatah-pepatah singkatnya yang nyaris membuat semua orang menjadi lebih berdiri tegak dan bersemangat menjalani hidupnya untuk tujuan yang lebih baik dari masa-masa sebelumnya. Hari-hari demi hari, quote-quote bijak yang muncul dari seorang motivator dunia bertambah banyak, bahkan dapat menduduki peringkat teratas mesin pencari Google. Hal ini menunjukan banyaknya masyarakat yang selalu ingin mengkonsumsi kata-kata bijak, tanpa menyadari bahwa ada sekian banyak motivator yang melontarkan kata, “suskes berawal dari diri sendiri”. Banyak dari orang-orang disana justru kurang memahami makna kata-kata motivasi ini.

Lalu, apa makna sebenarnya dari kata tersebut? Saya mengansumsikan bahwa kata tersebut memilik makna bahwa Anda, dan Saya sebenarnya tidak terlalu penting membaca kata-kata bijak tersebut. Yang ada Anda dan Kita justru membuang-buang waktu kita untuk membaca motivator tersebut. Jadi, lebih baik membaca buku-buku ilmu yang ingin Anda dapatkan. Ingi jadi dokter, jadi teknisi komputer, jadi programmer, bacalah buku-buku tentang itu. Si motivator tersebut sudah memberi kode kepada kita bahwa “sukses berawal dari diri sendiri”. Yang artinya motivasi itu datangnya dari diki kita sendiri. Ibarat api. Api yang dikobarkan orang lain di dalam jiwa kita akan lebih mudah padam dibandingkan dengan api yang kita kobarkan sendiri di dalam tubuh dan jiwa kita.

Tinggal bagaimana kita menyikapi hidup. Melihat orang sekitar yang sudah jauh lebih sukses dari kita, kita harus berusaha lebih keras lagi untuk dapat menjadi dia atau bahkan lebih sukses. Melihat orang sekitar yang jauh lebih bawah dari kita, kita harusnya bersykur dengan apa yang Tuhan sudah berikan kepada kita, artinya jangan pernah mengeluh.

Motivator-motivator diluar sana memang terkadang dapat menginspirasi dan memotivasi jiwa kita untuk dapat menjalani hidup ini. Tapi, jika Anda dan Saya tidak segera melakukan tindakan, sama daja percuma, percuma membaca puluhan kata-kata motivadi tanpa mengimplementasikannya ke dalam kehidup kita sendiri.

Seorang motivator juga dapat membuat sebuah pepatah, kata-kata bijak, kata yang memotivasi, itu semua karena mereka pernah mengalami apa yang sudah dituliskannya menjadi sebuah teks. Lakukan yang terbaik, hindari sebuah kesalahan sekecil apapun sebisa Anda. Bagaimana dengan Anda? Sudah melakukan sesuatu? Mulai sekarang lakukanlah, dan beri sedikit motivasi sesuai dengan pelajaran hidup yang sudah pernah Anda lalui kepada orang-orang yang belum pernah melakukan. Karena, motivasi berasal dari diri sendiri. Dan motivasi dari orang lain hanyalah sebagai pendongkrak ketika motivasi Anda goyah sedikit.