Familiar dengan daerah yang memiliki tata krama, sopan santun, serta unggah-ungguh menjadikannya provinsi yang lebih banyak dikenal memiliki masyarakat yang lembut. Berjuta keunikan dan ciri khasnya kerap membuat orang yang belum merasakannya menjadi ingin cepat-cepat untuk merasakannya, dan membuat orang-orang yang sudah pernah merasakannya menjadi betah dan tak ingin melangkahkan kaki untuk pergi. Pesonanya terkenal dari lokal, nasional, maupun Internasional. You should believe it! Inilah Jawa Tengah. Yap! Kita semua tahu itu.

Membahas Jawa Tengah akan menjadi lebih menyenangkan bila ditemani dengan gorengan mendoan khas Banyumas asli dan secangkir teh hangat. Akan ada banyak kekaguman yang muncul dari diri kita bila mendengar banyak hal mengani pesona Jawa Tengah. Provinsi yang pemerintahannya dikepalai oleh H. ganjar Pranowo, S.H., MIP. sejak 2013 ini memang memiliki banyak sekali kemajuan. Banyak kota dari provinsi Jawa Tengah yang sedang giat-giatnya membangun infrastruktur pariwisata baru yang mampu menarik banyak sekali perhatian dari wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Purbalingga contohnya, kini sudah memiliki desa wisata Serang, disana dapat kita temui Jembatan Cinta, Kampung Kurcaci, Bukit Wringin, dan yang lainnya. Tak hanya itu, ada lagi Baturraden dengan Pancuran Pitu dan Taman Small World, Kebumen dengan Pantai Menganti dan Pantai Lampon, Cilacap dengan Teluk Penyu dan Pantai Nusakambangan, dan yang sedang banyak sekali menjadi perbincangan di dunia maya adalah umbul ponggok di Klaten, serta masih banyak wisata lainnya lagi yang bisa kita temukan di Jawa Tengah.

Candi Prambanan

wisata candi prambanan

Salah satu peninggalan sejarah dengan berbagai cerita mitosnya mampu mengundang banyak wisatawan. Candi yang konon didirikan atas perintah Raka i Pikatan dan selesai semasa pemerintahan Raja Daksa dari Mataram, terletak di kaki Gunung Merapi.

Pancuran Pitu

Pancuran Pitu Baturraden

Obyek wisata yang terletak di kaki Gunung Slamet. Obyek wisata yang biasa dijadikan sebagai tempat pemandian air panas dengan berbagai manfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Pantai Menganti

Pantai Menganti

Surganya bagi para pecinta terik matahari sambil mendengar desisan ombak pantai yang meliuk-liuk. Tepat berada di desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Banyumas.

Sajian lezat khas daerah di Jawa Tengahpun banyak yang menggoda lidah sampai memanjakan perut. Kuliner yang diolah dari berbagai bahan rempah pilihan. Harga yang ditawarkan masih dapat dibeli merata oleh seluruh orang, baik ekonomi kelas menengah atas maupun ekonomi kelas menengan bawah. Siapa sih yang tak kenal dengan berbagai contoh kuliner di bawah ini?

  1. Telur asin dari brebes
  2. Tempe mendoan dari banyumas
  3. Brekecek dari cilacap
  4. Sroto khas purbalingga
  5. Sup senerek dari magelang
  6. Dawet ireng dari purworejo
  7. Tahu pletis dari semarang
  8. Sego liwet khas solo
  9. Nasi grombyang khas pemalang
Tempe Mendoan

Potensinya tak pernah surut, berbagai adat kesenian budaya Jawa Tengah sampai kini mengalir dalam darah daging masyarakatnya, bukti kecintaannya masyarakat Jawa Tengah. Provinsi yang memiliki luas wilayahnya 32.548 km², atau sekitar 25,04% dari luas pulau Jawa dengan jumlah penduduk lebih dari 30 juta.

Inilah Jawa Tengah, provinsi penuh dengan pesona mengagumkan, terasa kurang bila tak diceritakan dari segala penjuru daerah di provinsi Jawa Tengah. Tempat dimana kita bisa melihat banyak keindahan alam yang megah, indah dan asri. Tempat dimana kita menemukan masyarakat yang masih memegan teguh budaya leluhur. Tempat dimana santapan kulinernya selalu membuat menggoda. Surganya bagi para pecinta travelling. Spot yang indah bagi para fotografer. Puji Syukur kita lahir dan besar di tanah Jawa Tengah.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah (www.twitter.com/visitjawatengah)