Category

Esai

Category

Selamat Hari Perempuan Internasional! Kata timeline. Percaya atau tidak, di Indonesia kita merayakan setidaknya tiga hari khusus untuk perempuan. Tiga kali, ya tiga kali. Mulai dari yang tingkat lokal, hari Kartini tanggal 21 April, hari Ibu 22 Desember, hingga hari Perempuan Internasional pada 8 Maret ini. Lantas apa esensi merayakan banyak-banyak hari perempuan? Apa kabar perempuan Indonesia sebenarnya hingga membutuhkan begitu banyak hari untuk dirayakan? Perlu diingat, kita tidak bisa memandang setiap “perayaan hari perempuan”…

Sawang sinawang, itulah pedoman jawa yang selalu saya ingat dalam pikiran. Dalam bahasa Indonesia, sawang sinawang dapat diartikan sebagai proses melihat pekerjaan/aktivitas orang lain kemudian kita menganggap bahwa aktivitas/pekerjaan itu mudah untuk dilakukan. Ketika saya melihat orang lain sedang mengerjakan suatu hal, ataupun bahkan telah menyelesaikan beberapa hal yang bisa dibilang sebagai pencapaian kesuksesan, saya menelan mentah-mentah bahwa pekerjaan itu bisa membuat seseorang sukses. Padahal, saya belum mengetahui jeli tentang behind the scene dari pekerjaan orang…

Ada sebuah ungkapan keren yang diucapkan Simon Sinek, seorang ahli kepemimpinan dan penulis buku ‘Start With Why’, ketika ia sedang memberikan presentasi yang mengatakan “Kalau tindakan kamu mampu menginspirasi orang lain untuk bermimpi besar, belajar dan berani melakukan hal-hal yang baru, maka kamu adalah seorang Pemimpin”. Mengacu pada kata-kata tersebut, saya jadi berusaha memahami apa sih karakteristik dari Pemimpin? Pemimpin biasanya adalah orang yang memiliki jabatan atau posisi di suatu organisasi dan memiliki anak buah.…

Indonesia, dari sabang sampai merauke adalah negara yang sangat beranekaragam, mulai dari wisata alam, wisata bahari, kuliner, hingga adat budaya. Menuruku, tak heran lagi jika mempertahankan budaya Indonesia adalah hal yang cukup sulit. Apalagi, sekarang ini generasi milenium lebih merasa sedih jika tak memakai merk smartphone yang sama dibandingkan memakai atribut adat budaya milik sendiri. Adat dan budaya yang seharusnya melekat dalam diri dan jiwa kita semua sebagai bangsa Indonesia yang tak apatis.Sebagai orang Jawa,…

Akhir-akhir ini memang saya sedang berminat sekali membaca buku. Semua itu dikarenakan saya sedang melakukan Tugas Akhir (TA) atau skripsi, yahh ngga perlu tau judulnya lah yah hehe. Karena tugas tersebut akhirnya Saya “dipaksa” untuk memulai membaca jurnal, buku dan referensi terpercaya lainnya, terutama yang berbahasa inggris, wihh ngeri pokoknya mah, google translate jadi andalan sekarang ini wkwk. Meskipun dalam konteknya sebenarnya adalah seperti modul, tidak ada salahnya untuk menyebut hal itu adalah kegiatan membaca.Niatan…

Go Digital untuk Indonesia – Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2016, jumlah penduduk Indonesia yang menjadi pengguna internet sekitar 132,7 juta dari total penduduk sekitar 250 juta penduduk. Itu artinya, sudah lebih dari setengah penduduk Indonesia menggunakan internet dalam kehidupannya sehari-hari, baik untuk keperluan sekolah, pekerjaan, ataupun memang hanya sebagai pelipur lara saja. Sudah tidak mungkin lagi untuk membangun atau mengembangkan program Go Digital untuk Indonesia sebagai gerakan…

Hariku Bersama Prelo – Beberapa minggu yang lalu, aku dikejutkan dengan adanya aplikasi e-commerce oleh temanku seorang Blogger. Katanya, dia baru aja beli barang second berkualitas dengan harga terjangkau dan tanpa ongkos kirim, beuhhh siapa yang ngga mau??. Usut punya usut, aplikasi tersebut bernama Prelo. Sebuah aplikasi yang menawarkan layanan belanja online barang bekas berkualitas ramah lingkungan berbasis teknologi dan pemberdayaan komunitas. Temanku tak hanya berhasil mendapatkan barang bekas berkualitas, ia juga berhasil menjual beberapa…

Cara Cepat Jual ApartemenTips Cepat Menjual Apartemen – Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang mampu memberikan keuntungan yang cukup banyak bagi para penjual apartemen. Baik dalam segala hal properti, khususnya apartemen, seperti yang akan dibahas pada artikel berikut ini. Akan tetapi, tentunya keuntungan tersebut tidak bisa didapatkan dengan cepat, karena berbagai masalah yang kadang timbul pada saat si penjual ingin menjual cepat apartemen miliknya. Seperti contohnya jika ternyata apartemen yang dijual memiliki ukuran yang…

Hai, sapa saja aku Rendy. Cowok ganteng, yang bilang mama aku. Aku sekarang masih kuliah semester 6 di Perguruan Tinggi Swasta. Eitsss, swastanya ngga jelek-jelek amat kok. Hehe Kalo ditanya, siapa orang yang paling aku sayang. Aku bakal jawab, adik aku.Kenapa sayang adik? Ya, karena….. satu, adikku cantik. Agak lucu kalau cantik jadi alasan ya? Tapi, serius deh. Adikku cantik banget. Beruntung punya adik cantik kaya dia.Yang kedua, adikku cerdas. Adikku senang matematika, berbeda denganku…

Manfaat Utama dari Kopi – Minum kopi di pagi hari biasanya dapat meningkatkan mood dan juga stamina kita semua. Kandungan kafein dan zat asam dari kopi dapat memperbaiki syaraf dan memberi rasa tenang. Selain dapat mencegah kanker, ternyata kopi dapat juga menyamarkan warna hitam pada siku dan lutut Anda.Kopi memang sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat dunia. Tak hanya nikmat rasanya, kopi juga memiliki beberapa khasiat istimewa, antioksidan pada kopi membantu menekan gejala resiko kanker…